Tuesday, August 28, 2007

Pilakada Brebes

Tanggal 4 Nopember 2007 masyarakat Brebes punya hajatan besar yang akan sangat berpengaruh dalam kehidupannya kedepan, yaitu Pilkada Brebes. Pemilihan Bupati Brebes Periode 2007-2012 adalah salah satu moment penting bagi masyarakat Bumiayu (Brebes Selatan) untuk mengukur peta kekuatan dalam rangka mengusung pendirian Kabupaen Bumiayu, Berapa Persenkah Masyarakat Bumiayu Mendukung berdirinya Kabupaten baru ini, ini diwujudkan dengan memilih Calon Bupati yang Pro pendirian kabupaten Bumiayu.
Dewasa ini suara masyarakat bumiayu untuk memisahkan diri dari kabupaten Induk terpecah ada yang mendukung dan ada yang tidak, beda sekali dengan periode 70-an s/d 90-an suara masyarakat boleh dikatakan sudah satu padu untuk meperjuangkan Pendirian Kabupetan Bumiayu, tetapi periode tersebut kurang mendapatkan respon dari Pemda Brebesnya, Tapi sekarang ini adalah sebaliknya Pemda dukung (setengah Hati) eh malah masyarakatnya terpecah .
Kenapa Penulis sangat-sangat menginginkan terbentuknya Kabupaten Bumiayu banyak faktor penyebabnya, diantaranya :
a. Faktor Sosiologis & Historical
Masyarakat Bumiayu sebagian besar tinggal didaerah pegunungan beda dengan Brebes yang sebagian besar tinggal dipesisir pantai utara, hal ini akan membentuk watak, pola pikir, cara sudut padang yang berbeda pula.
Dalam sejarah perjalanannya masyarakat bumiayu, lebih dominan bersentuhan dengan Keresidenan Banyumas dan kabupaten Kuningan Jawa Barat, baik sejarah ataupun para orang tua kita berasal dari daerah tersebut, ini berbeda dengan Masyarakat Brebes yang dalam sejarahnya bersentuhan dengan Pekalongan dan Cirebon.
Jadi Secara Sosiologis kita berbeda, begitu pula sejarah mencatat hal yang berbeda antara masyarakat bumiayu dan masyarakat Brebes.

No comments: